MEDITASI KANDA PAT UNTUK ORANG MODERN

FESTIVAL MEDITASI DAN PENYEMBUHAN KANDA PAT , 11 AGUSTUS 2019- DENPASAR BALI

APA ITU KANDA PAT / SEDULUR PATPAT?

Mungkin anda pernah mendengar istilah “Kanda Pat”, terutama masyarakat di Bali. Kanda pat merupakan salah satu pengetahuan budaya Bali, filsafat, mithologi yang diwariskan oleh nenek moyang masyarakat Bali sejak zaman dahulu. Kanda pat juga dikenal dengan istilah “Catur Sanak”, nyame papat atau saudara empat, yang hampir mirip dengan budaya di jawa sedulur patpat. Mitologi kanda pat merupakan pengetahuan spiritual yang dilestarikan sampai sekarang oleh masyarakat bali.

Ada juga pendapat  bahwa ilmu kanda pat adalah ilmu untuk balian, ilmu kesaktian, ilmu pengobatan. Hal tersebut sepenuhnya tidaklah benar. Mulailah mengenal diri kita sendiri, budaya kita sendiri sebelum mengenal orang lain maupun budaya orang lain.

Permasalahan sosial, perdebatan sampai pada tindakan-tindakan yang dilarang agama sebenarnya disebabkan oleh rapuhnya jati diri kita sendiri. Untuk mencapai kebahagian dan keselamatan semua orang harus dimulai dari mencari kebahagian pada diri kita sendiri, kebahagian jasmani maupun rohani. Dalam istilah Bali, kita kenal istilah “Mulat Sarira”, De Engsap Teken Dewek. mudah-mudahan kata ini bukan hanya sebatas kata-kata saja, mari kita mencari jati diri kita dengan menambah wawasan ilmu pengetahuan.

Istilah Kanda Pat terdiri atas dua kata yaitu “kanda” dan “Pat”. Kanda yang disebut juga skanda, tetapi lumbrah disebut Kanda yang berarti bagian-bagian. Pat berasal dari kata papat atau catur yang berarti empat. Kalau digabungkan menjadi bagian-bagian yang berjumlah empat. Bagian tersebut tidak lain adalah bagian badan spritual kita, kekuatan-kekuatan Tuhan yang selalu menyertai roh (Atman) manusia sejak embrio sampai meninggal dunia mencapai Nirwana. Bagian-bagian ini juga dikenal dengan saudara-saudara yang berada dalam badan kita yang berjumlah empat.

Saudara kita yang berjumlah empat tersebut selalu menyertai kita dari sejak dalam kandungan, lahir, hidup dan sampai kita mati. Saudara empat kita ini senantiasa menjaga kita selama semasa kita hidup. Tetapi ada kalanya saudara kita menjauh apabila tidak anda ingat sehingga tidak akan menjaga anda. Ini kembali kepada keyakinan diri kita sendiri akan kanda pat tersebut, kalau anda yakin dengan saudara kita niscaya anda akan selalu dijaga. Pernahkah anda meoton? Otonan itu sendiri merupakan penghormatan dan memanggil saudara empat kita untuk selalu menjaga kita. Oleh karena itu, masyarakat bali hendaknya jangan lupa untuk meoton setiap 6 bulannya.

Dalam filsafat Bali, kanda empat ini tidak lain adalah badan prakerti kita yang berasal dari pengaruh panca Mahabhuta. Keempat teman yang abstrak ini menyertai terus sampai manusia mati dan rohnya menghadap ke Tuhan. Mereka juga menjaga dan melindungi roh, serta mencatat sejauh mana atman (roh) terpengaruh oleh indria keduniawian. Semua pengalaman hidup di record oleh Sang Suratma yang dahulu berbentuk ari-ari. Inilah catatan subha dan asubha karma yang menjadi penilaian dan pertimbangan kesucian roh untuk menentukan tercapainya moksa (bersatunya atman-brahman) ataukah samsara (menjelma kembali). Kanda pat ada dalam diri/ tubuh manusia, namun ketika tidur, kandapat keluar dari tubuh. Maka mereka perlu dibuatkan pelinggih berupa “pelangkiran” di kamar tidur, tempat bersemayamnya kanda pat ketika kita tidur pulas.

Selain sebagai penjaga kita, kanda pat juga dapat digunakan untuk dalam bidang pengobatan dan lain sebagainya, ini mungkin diketahui oleh para ahli spiritual Bali. Untuk kita cukup untuk memperoleh keselamatan kita, karena jika anda terlalu mendalami kemungkinan menjadi takabur. Oleh karena itu, sebelum mendalami kanda pat, pondasi dasarnya adalah Tri Kaya Parisuda.

Sesuai peranan dan fungsinya, filsafat Kanda Pat terdiri atas empat, antara lain:

  1. Kanda Pat rare
  2. Kanda Pat Bhuta
  3. Kanda Pat Sari
  4. Kanda Pat Dewa

Keempat kanda pat tersebut akan dibahas satu persatu pada artikel selanjutnya karena pengetahuan ini sangat luas dan menghindari kebingungan untuk mempelajarinya. Pada intinya, untuk memohon selalu dijaga dan keselamatan tetaplah berdoa kepada Tuhan dan selalu memanggil saudara empat kita dikala kita makan, tidur dan sembahyang kepada Tuhan.

KANDA PAT MEDITATION FOR MODERN PEOPLE
( Kanda Pat Healing Meditation )
Meditasi Kanda Pat Atau Sedulur Papat Untuk Jaman Modern.

Semua orang pernah menjadi korban kehidupan. Kita menerima caci maki dan tekanan dari teman, mendengarkan komentar negatif mereka terhadap tubuh kita, atau mendapat perlakuan kasar dari pasangan. Kita menyimpan perasaan marah, kecewa, takut, sedih, sepi, dan gelisah sendiri di dalam hati. Padahal sebenarnya, setiap orang memiliki kemampuan terapeutik (kekuatan menyembuhkan) untuk diri sendiri.( SAUDARA EMPAT/ KANDA PAT – SEDULUR PATPAT ) Kita tidak harus terjerumus dalam keadaan yang tidak kita senangi, sebab kita memiliki andil untuk membuat suasana menjadi damai. Salah satunya dengan memaafkan apa yang sudah pernah melukai hati kita. MIntalah bantuan Sama Saudara Empat Kita.

MEDITASI KANDA PAT atau SEDULUR PAPAT.
UntuK Kecerdasan Diri :IQ, EQ, SQ Dan AQ

Pemahaman Tujuan Meditasi yang di harapan dicapai peserta pada kelas kali ini.

Kecerdasan ialah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar.

Saat ini cukup popular tentang tiga kecerdasan manusia, yaitu Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual. Tapi disini akan ditambah lagi satu yaitu Kecerdasan Adversitas.

Intellgence Quotient (IQ) adalah ukuran kemampuan intelektual, analisis, logika dan rasio seseorang. Dengan demikian, hal ini berkaitan dengan keterampilan berbicara, kesadaran akan ruang, kesadaran akan sesuatu yang tampak, dan penguasaan matematika. IQ mengukur kecepatan kita untuk mempelajari hal-hal baru, memusatkan perhatian pada aneka tugas dan latihan, menyimpan dan mengingat kembali informasi objektif, terlibat dalam proses berpikir, bekerja dengan angka, berpikir abstrak dan analitis, serta memecahkan permasalahan dan menerapkan pengetahuan yang telah ada sebelumnya. Jika IQ kita tinggi, kita memiliki modal yang sangat baik untuk lulus dari semua jenis ujian dengan gemilang, dan meraih nilai yang tinggi dalam uji IQ.

Emosional Quotient (EQ) mempunyai dua arah dan dua dimensi, arah ke dalam (personal) berarti sebuah kesadaran diri (self awareness), penerimaan diri (self acceptance), dan hormat diri (self respect), dan penguasaan diri (self mastery) dan arah keluar (interpersonal) berarti kemampuan memahami orang (to understand others), menerima orang (to accept others), mempercayai orang (to trust others), dan mempengaruhi orang (to influence others).

Spiritual Quotient (SQ) intinya adalah transendensi, yaitu proses penyeberangan, pelampauan, penembusan makna yang lazim, khususnya dari wilayah material ke wilayah spiritual, dan dari bentuk yang kasar ke bentuk yang sublime. Dalam hal ini hidup bukan semata-mata untuk memperoleh materi semata akan tetapi harus betul-betul dihayati sebagai serangkaian amal bagi sesama manusia dan beribadah kepada Tuhan. Sehingga tidak cukup jika kita hanya mengandalkan kecerdasan intelegensi dan emosional saja. Mempertebal iman dan taqwa kita akan membangun budi dan akhlak mulia sehingga segala sesuatu yang kita lakukan semata-mata mohon perkenan dan ridho Tuhan, sehingga apa yang kita kerjakan akan terasa bermakna, nikmat, dan kita lakukan penuh dengan suka cita, tanpa keterpaksaan belaka.

Nah, yang terakhir adalah Adversitas Quotient (AQ), pernah dengar? Menurut kamus adversity berarti kemalangan, kesulitan, dan penderitaan. AQ disini adalah kecerdasan kita pada saat menghadapi segala kesulitan tersebut. Beberapa orang mencoba untuk tetap bertahan menghadapinya, sebagian lagi mudah takluk dan menyerah. Dengan demikian kecerdasan adversitas adalah sebuah daya kecerdasan budi-akhlak-iman manusia menundukkan tantangan-tantangannya, menekuk kesulitan-kesulitannya, dan meringkus masalah-masalahnya sekaligus mengambil keuntungan dari kemenangan-kemenangan itu.

Ingin sukses dan berhasil? Ikuti Meditasi Kanda Pat ini, yang merupakan meditasi kekuatan Rahasia Diri.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *